Thursday 17 September 2015

Teks Berita

                Nah, kali ini saya akan memposting mengenai teks berita, sehubungan karena adanya tugas dari sekolah, sekalian saja saya postingka tugasnya itu.


                                                         Teks Berita

A. Pengertian Teks berita

            Berita adalah suatu cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, ataupun pengumuman. Ada yang mengartikan bahwa berita adalah suatu kabar atau warta yang dikirimkan dari suatu tempat ke tempat lain atau laporan peristiwa yang dituliskan di surat-surat kabar. Sedangkan teks berita adalah teks atau naskah atau tulisan yang berisi berita.


B. Unsur-unsur berita

Unsur-unsur berita meliputi 5W+1H yaitu :

1. What : peristiwa apa yang terjadi;

2. Who : siapa yang terlibat dalam peristiwa itu;

3. Where : di mana peristiwa itu terjadi;

4. When : kapan peristiwa itu terjadi;

5. Why : mengapa peristiwa itu terjadi; dan

6. How : bagaimana peristiwa itu terjadi.


C. Cara penulisan teks berita

Penulisan berita harus memenuhi syarat yaitu : 
  • Berita yang ditulis harus berisi fakta nyata, 
  • Obyektif, berita yang ditulis harus sesuai dengan keadaan sebenarnya,
  • Berimbang, yakni berlandaskan pada kebenaran ilmu atau kebenaran 
  • Berita itu sendiri tanpa mengabdi pada sumber berita, 
  • Akurat, tepat dan jelas sasarannya, 
  • Berita yang ditulis hendaknya lengkap/komplit.


D. Komposisi/sistematika sebuah berita terdiri atas  :

(1) Judul berita/headline news

a. Judul berita sebisa mungkin dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Pemberian judul ini menjadi penentu apakah pembaca akan tertarik membaca berita yang ditulis atau tidak.
b. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya lebih kuat.
c. Persoalan judul menjadi menarik seiring munculnya media berita internet.

(3) Teras berita/lead news

             Sedangkan bentuk susunan berita tergantung dari masalah atau permasalahan yang ditulis. Apakah itu penulisan berita langsung, penulisan berita yang menonjolkan nilai waktu, berita perjalanan, berita sejarah, biografi, dan sebagainya.
Ada tiga bentuk susunan berita yaitu:

a) bentuk piramid terbalik yakni bentuk penulisan yang memprioritaskan informasi yang paling penting di bagian depan/awal dan seterusnya ke hal yang kurang penting, dan ini adalah bentuk yang paling banyak digunakan;

b) bentuk paralel yakni bentuk penulisan berita di mana bagian awal, tengah, dan akhir memiliki bobot yang sama;

c) bentuk kronologis yakni bentuk penulisan berita yang memaparkan informasi secara berurutan menurut proses waktu atau proses peristiwanya .


(4) Badan Berita

a. Penentuan lead ini juga membantu reporter menginventarisasi bahan-bahan berita. Sehingga penulisan berita menjadi terarah dan tidak keluar dari lead. Inilah yang disebut badan berita.
b. Untuk lebih mudahnya, susun berita yang berawal dari lead itu secara kronologis. Sehingga pembaca bisa mengikuti seolah-olah berita itu suatu cerita.
c. Cek dan ricek bahan yang sudah didapat. Dalam berita, akurasi menjadi hal yang sangat penting.
(5) Bahasa

a. Bahasa menjadi elemen yang penting dalam berita. Bayangkan bahwa pembaca itu berasal dari beragam strata. Bahasa yang digunakan untuk berita hendaknya bahasa percakapan. Hilangkan kata bersayap, berkabut bahkan klise.

b. Menulis lead yang bicara. Untuk mengujinya, bacalah lead atau berita tersebut keras-keras. Jika sebelum titik, nafas sudah habis, berarti berita yang dibuat tidak bicara, melelahkan dan tidak enak dibaca.

c. Berita yang bagus adalah berita yang seolah-olah bisa didengar. Prinsipnya sederhana, makin sederhana makin baik.

d. Menghidari kata sifat. Menulis berita dengan kata sifat cenderung menggurui pembaca. Pakailah kata kerja.Menulis berita adalah menyusun fakta-fakta.


               Terdapat 17 ciri utama bahasa berita yang berlaku  yaitu :

Sederhana, Singkat, Padat, Lugas, Jelas, Jernih, Menarik, Demokratis, Populis, Logis, gramatikal, Menghindari kata tutur, Menghindari kata dan Istilah asing, Pilihan kata (Diksi) yang tepat, Mengutamakan kalimat aktif, Sejauh mungkin menghindari pengunaan kata atau istilah-istilah teknis, dan Tunduk kepada kaidah etika.

E. Tekhnik menulis teks berita :

a. Fact Organising 
Yaitu pengorganisasian atau pengumpulan fakta oleh wartawan untuk menulis berita, apakah itu hasil dari interview, suatu kejadian, atau dari data-data tertulis yang telah tersedia.

b. Lead Decision
Yaitu penentuan lead untuk teras berita. Jika penentuan lead  gagal, maka berita yang ditulisnya juga akan gagal. Jadi, dalam penentuan lead itu harus benar-benar diperhatikan.

c. Word Selection
Yaitu pemilihan kata-kata yang cocok untuk penulisan berita. usahakan alurnya lurus, tidak melompat-lompat sehinggga pembaca dapat mengerti berita tersebut.

d. Start To Write
Yaitu memulai penulisan berita.

No comments:

Post a Comment